Perkembangan Ekonomi Syariah di Indonesia

Source of Google Images

Dalam melakukan transaksi, ataupun jual beli lainnya. Tentunya akan sangat merasa gundah jika kita mengetahui bahwa orang tersebut telah membohongi kita sebagai pembeli. Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mengubah pandangan orang banyak mengenai hal tersebut. dan bagaimana cara menanggulanginya. Menurut saya sendiri, syariah itu memiliki banyak makna. di Indonesia sendiri Perkembangan Ekonomi Syariah hanya 5 % dilaksanakan,  95% lainnya perlu di kembangkan. dari situ menandakan bahwa indonesia memiliki keterlambatan dan hal ekonomi syariah. Tetapi tidak hanya di indonesia saja yang memiliki keterlambatan itu, ternyata di Timur Tengah juga. Sebagaimana kita menjadi bagian dari bangsa Indonesia, ada baiknya kita ikut serta memajukan Perkembangan Ekonomi di Indonesia. 

Apa yang di maksud Ekonomi Syariah?

Suatu cabang ilmu pengetahuan yang berupaya untuk memandang, menganalisis, dan akhirnya menyelesaikan permasalahan-permasalahan ekonomi dengan cara-cara Islam, yaitu berdasarkan atas ajaran agama Islam, yaitu Al Qur'an dan Sunnah Nabi. 

M.A Mannan mendefinisikan bahwa Ekonomi Syariah berarti suatu ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi rakyat yang diilhami oleh nilai-nilai islam

Perkembangan Ekonomi Syariah di Indonesia, perlu adanya dorongan atau Faktor pendorong dalam memajukan Ekonomi di indonesia. ada beberapa faktor pendorong untuk memajukan Ekonomi syariah di indonesia, ada faktor eksternal, internal. Faktor eksternal terjadi ketika warga asing datang ke indonesia membawa perkembangan Ekonomi syariah di negara mereka, baik yang mayoritas islam ataupun tidak. Namun, Ekonomi syariah terjadi karena kesadaran masyarakat tersebut tentang perlunya identitas baru dalam perekonomian mereka. dan dari situ mereka membawanya hingga mewabah ke negara-negara lain. Selain itu, Faktor Internal juga sangat diperlukan dalam berkembangnya Ekonomi Syariah disebuah negara, di Indonesia sendiri tercatat menjadi salah satu negara yang memiliki penduduk yang mayoritas islam, dari catatan di atas dapat disimpulkan bahwa perlu Ekonomi yang sesuai dengan ajaran islam yang nantinya digunakan untuk masyarakat luas. 

Peran kita sebagai masyarakat Indonesia? 


Peran kita ialah menerapkan ajaran-ajaran yang sudah diajarkan, pada hakikatnya umat muslim harus mempunyai kesadaran bahwa beragama islam itu bukan hanya sholat, puasa, zakat dan ibadah lainnya. Namun keyakinan tersebut harus kita terapkan di berbagai aspek kehidupan termasuk Ekonomi. Demi berkembangnya masyarakat indonesia yang memiliki jiwa sidiq (benar), amanah(dapat dipercaya), tabligh (menyampaikan), fatanah(cerdas).

Source of Google Images



Tabel diatas menunjukan perbedaan antara Ekonomi syariah dan Ekonomi konvensional, bahwa masyarakat luas harus memiliki pemikiran dan bisa membedakan mana yang benar, dan mana yang salah. untuk seseorang yang selama ini mempunyai pemikiran yang salah. alangkah baiknya dibenarkan mulai sekarang. Lebih baik menjadi contoh, daripada tidak sama sekali. Benar kan? Tumbuhkan kesadaran tentang hal tersebut. Terlihat mudah, namun sulit untuk dilaksanakan. Terlihat sepele, namun jika tidak dilakukan mau sampai kapan indonesia akan mencapai 100% tentang Ekonomi syariah. Demi berkembangnya Ekonomi syariah di negara tercinta.

disini saya akan menunjukan Syariah Financing dan juga sebagai salah satu layanan pembiayaan yaitu AMITRA SYARIAH FINANCING, melakukan pembiayaan menerapkan pembiayaan yang syariah dan juga terpercaya. Juga berlaku kepada yang ingin umroh. Pembiayaan umroh anda.
#AMITRA
#AMITRAWritingCompetition

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Quotes Konspirasi Alam Semesta (Book Review)

Quotes Tapak Jejak Fiersa Besari (Book Review)

Quotes Kami Bukan Sarjana Kertas (Book Review)