Band Indie Indonesia

Source of Google Images

Istilah indie diambil dari kata independent yang berarti merdeka, bebas, mandiri, dan tidak bergantung. Banyak yang mengira bahwa indie adalah genre musik. sama halnya seperti reggea, rock, jazz dan lain sebagainya. padahal indie sendiri bukanlah sebuah genre musik. Tapi musik yang di ciptakan dengan bebas dan merdeka. Band indie memainkan musiknya biasanya sesuai dengan apa yang mereka suka dan mau. Makanya tak heran jika kebanyakan band indie menyejuk-kan hati dan pikiran. 

Band indie sendiri tidak melibatkan label ternama untuk memasarkan karya-karyanya, ia juga memasarkannya secara indie. Atau bahkan memasarkannya tak hanya lewat media sosial saja. Namun dengan cara membuat konser kecil dikota besar untuk menarik para penikmat musik indie. Di indonesia sendiri musik indie melesat pesat.

Sebelumnya Di Indonesia sendiri, pengaruh indie belum terasa hingga pada pertengahan tahun 1990an. Namun, sebelum mengenal istilah indie, masyarakat Indonesia lebih mengenal istilah underground. Berbeda dengan indie, musik underground cenderung keras. Pas Band merupakan band yang memulai tradisi merilis album secara Indie. Mereka pun sukses menjual album mereka sebanyak 5.000 kopi. Karena keberhasilan Pas Band, akhirnya banyak band metal dan rock yang mengikuti jejak mereka. Pure Saturday adalah band indie pertama selain metal yang membuat album rekamannya sendiri pada tahun 1995. Disusul oleh Mocca yang berhasil menjual album mereka hingga menembus angka di atas 100.000 kopi. Keberhasilan Mocca kemudian membawa dampak pada band-band Indie di Indonesia hingga sekarang.



Source of Google images


Mungkin banyak sebagian yang mengenal band indie satu ini Mocca, tepatnya pada lagu I remember dan I love you anywhy. Mereka memanjakan para penikmat indie dengan sentuhan berbeda, yang mungkin membuat pendengar jatuh cinta sekejap setelah mendengarnya,. Sampai sekarang pun band ini masih ada. Hingga sampai tahun ini, tahun 2017. Musik indie semakin melesat. Mulai dari Payung teduh, Fourtwenty, Efek rumah kaca, Banda Neira, Sisitipsi, Start and Rabbit, Figura renata, Rio satrio, Pygmy marmoset, Float, Pandai besi, Bara Suara, Danilla, Sore, Nosstress , Senar senja, Young lex. Lah young lex emang masuk hahahha. Beliau adalah rapper ganteng gua sukak sama dia. Duh banyak banget ya kalo disebutin satu-satu, bisa 1000 halaman nanti. Mungkin banyak yang suka dengan indie setelah mendengar lagu Payung teduh - Akad atau mungkin juga Four twenty - Zona nyaman. Aduhhhhh, kids jaman now banget yaa.


Intinya support band indie indonesia, kalau gabisa berkarya setidaknya menghargai karya. Idola berjuang mati-matian demi para fans, fans berjuang mati-matian mencari kesalahan idola. Anarkis, apatis. Salam damai.



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Quotes Konspirasi Alam Semesta (Book Review)

Quotes Tapak Jejak Fiersa Besari (Book Review)

Quotes Kami Bukan Sarjana Kertas (Book Review)