Manusia Akan Pergi


"Setiap manusia, pasti meninggalkan manusia"

Takdir memanggil sepasang atau lebih untuk saling melepaskan genggaman. Menuju cahaya-cahaya paling terang di penghujung dunia. Kita tidak pernah tau kemana langkah kita tertuju. Sendiri, tanpa lengan siapapun. Bersyukur sangat dalam. Derita, tangis, sunyi merangkul kepergian. Pembelajaran sangat berarti, kurikulum sulit dimengerti ciptaan Tuhan.

Tanpa sadar, atau dengan sadar. Kita kembali pada masa dimana jiwa tidak ada raga yang utuh. Mencari-cari keberadaannya. Hening menjadi suara paling nyaring. Memeluk api, meringkuk sepi. Neraka dan Surga menjadi pelarian atau pilihan kembalinya sang jiwa. Pada hari perhitungan, kita kembali berkumpul dengan sanak saudara yang lebih dulu pergi. Melihat betapa lelahnya hari kebangkitan. Saling bertatap, membawa bekal diri sendiri.

Orang-orang memandang dengan tajam. Kalau hidup ini untuk apa? membangun peradaban tinggi-tinggi untuk pada akhirnya kembali lagi. Sebagai manusia, direndahkan adalah hal yang sangat biasa. Untuk seseorang yang dicintai, untuk seseorang yang berada tepat dipelukan malam. Kita hanya bisa bertitip salam dari doa. Surat-menyurat adalah empati yang tak akan sampai.

Aku terbang, aku tenang. Dekap aku pada kerlap-kerlip ayat yang kamu panjatkan. Semoga sampai tepat disebelahku. Untuk mempermudah langkah pertemuan dengan Tuhan. Selanjutnya, hidup dalam keabadian. Selamat tinggal kepada siapapun manusia lain.

Comments

  1. If you're looking to burn fat then you certainly need to start following this brand new personalized keto plan.

    To create this keto diet, licensed nutritionists, fitness couches, and professional cooks united to develop keto meal plans that are productive, painless, cost-efficient, and delicious.

    Since their launch in January 2019, hundreds of individuals have already transformed their figure and well-being with the benefits a professional keto plan can provide.

    Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover 8 scientifically-confirmed ones provided by the keto plan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Quotes Konspirasi Alam Semesta (Book Review)

Quotes Tapak Jejak Fiersa Besari (Book Review)

Quotes Kami Bukan Sarjana Kertas (Book Review)